Monday, December 3, 2007

Multitier System

Multitier adalah sistem client-server dimana sejumlah aspek dari proses dalam sebuah aplikasi, seperti presentation atau user interface, logical bussines process, dan resources management (contoh: database), ditangani secara terpisah, dan dapat dijalankan pada sistem dan/atau platform yang berbeda.

Sebuah aplikasi web melibatkan sedikitnya dua hingga tiga tier (three-tier), web browser sebagai media presentasi dan interface user dianggap sebagai tier pertama, web server yang menjalankan sebagaian besar proses dari aplikasi sebagai tier kedua. Bila aplikasi melibatkan penanganan resources seperti database yang berhubungan dengan aplikasi, maka akan dianggap sebagai tier ketiga. Dalam sistem yang lebih kompleks, akan melibatkan lebih banyak tier

Keuntungan dari sistem multitier adalah fleksibilitas dalam implementasi dan pengembangan, karena setiap layer atau setiap tier dapat dikembangkan secara independen, dan dapat menerapkan banyak kemungkinan resources untuk implementasi tanpa harus bergantung pada platform atau vendor tertentu.

Kelemahan dari sistem multitier umumnya lebih kepada meningkatnya latency atau response time yang berakibat pada penurunan performance bila melibatkan banyak tier dalam infrastruktur jaringan yang kurang reliabel atau kurang memadai.

No comments: